Fitur Gudang

Tersedia Untuk Seluruh Pengguna Jubelio 

pengumuman

Halo Pebisnis, ada kabar menarik nih untuk kalian. Kalian sudah tahu kan kalau Jubelio memiliki fitur untuk mempermudah operasional gudang? Nah, mulai tanggal 1 Maret 2022, Jubelio akan merilis fitur gudang secara umum untuk seluruh pengguna Jubelio. Perilisan ini akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan dengan kesiapan dari Pebisnis.

Jadi, Pebisnis tidak perlu khawatir karena kami akan memandu dalam penggunaan Jubelio dengan menggunakan fitur gudang. Jubelio berkomitmen untuk bisa membuat Pebisnis melakukan implementasi operasional bisnisnya secara aman dan nyaman.

Langkah Menggunakan Jubelio dengan Fitur Gudang 

 

Pebisnis bisa mempelajari fitur gudang melalui berbagai media Jubelio seperti panduan penggunaan, kelas online, serta tanya jawab di pusat edukasi Jubelio di sini.
fitur gudang

 

Setelah mempelajari perihal fitur gudang, Pebisnis bisa mendaftarkan perusahaannya untuk melakukan migrasi aplikasi ke Jubelio dengan menggunakan fitur gudang.
daftarkan perusahaan

 

Proses migrasi dilakukan sesuai waktu yang disepakati bersama antara Pebisnis dan Jubelio. Proses migrasi aplikasi akan dilakukan dengan cara menghentikan integrasi dan sinkronisasi ke seluruh channel penjualan.
Kemudian, dilakukan proses migrasi aplikasi. Setelah itu, akun Jubelio Pebisnis akan diintegrasikan dan sinkronisasi kembali dengan seluruh channel penjualan.
proses migrasi

 

Jubelio akan memberikan pelatihan terkait pengggunaan Jubelio dengan menggunakan fitur gudang. Proses pelatihan akan diprioritaskan bagi Pebisnis yang sudah mengikuti edukasi serta migrasi aplikasi.
Selain dilakukan pelatihan secara langsung dengan trainer, Pebisnis bisa mempelajari fitur gudang secara mandiri menggunakan link pada tab 1. Pelajari Fitur Gudang.
pleatihan fitur gudang

 

Setelah migrasi serta pelatihan dilakukan, Pebisnis bisa menggunakan Jubelio dengan nyaman.
Pebisnis bisa melanjutkan penggunaan Jubelio menggunakan fitur gudang sesuai dengan kebutuhan pebisnis dengan nyaman.
selesai

Alasan Pebisnis Menggunakan Jubelio dengan Fitur Gudang 

Kumpulan Pertanyaan 

Sebagai pengguna setia Jubelio, perbedaan antara Order Management System (OMS) melalui menu pesanan dan Warehouse Management System (WMS)  melalui menu gudang dapat dilihat pada sistem dan operasional bisnis yang dijalankan.

Jika menggunakan OMS, maka Pebisnis dapat memenuhi proses pesanan dengan sederhana tanpa menggunakan fitur rak Gudang (level operasional pada lokasi persediaan), sedangkan pada sistem WMS dapat menggunakan hingga fitur rak Gudang.

Oleh karena itu, perbedaan tersebut memengaruhi ke proses operasional, mulai dari barang masuk gudang (inbound), dan barang keluar gudang (outbound) termasuk proses pemenuhan pesanan.

Dalam sistem OMS, pemrosesan pesanan dilakukan hanya 1 proses, yaitu Dalam Proses. Namun, dalam sistem WMS, pemrosesan pesanan dapat menjadi lebih rinci karena terbagi 2, yaitu pengambilan dan pengepakan.

Dalam kedua proses tersebut akan terbagi lagi menjadi 3 tahapan atau status, yaitu belum mulai, lagi proses, dan selesai. Sehingga jika Pebisnis memproses pesanan pada Jubelio dengan fitur gudang, maka Pebisnis bisa memantau seluruh proses secara detail.

Selain itu, pergerakkan barang dalam setiap prosesnya menggunakan sistem barcode. Jadi, pencatatan setiap barang jadi lebih detail dan rapi. Penjelasan teknis penggunaan Jubelio sebelum fitur gudang dan setelah menggunakan fitur gudang dapat dilihat di sini.

Sebagai existing user Jubelio Omnichannel, Pebisnis bisa menggunakan fitur Gudang dengan melakukan migrasi ke Jubelio Omnichannel dengan fitur gudang terlebih dahulu. Proses migrasi ini dilakukan agar operasional bisnis di Gudang menjadi lebih nyaman.

Di sini Pebisnis akan melakukan beberapa pengaturan dan merapikan data sebelum dilakukan migrasi. Ketentuan dan tahapan migrasi ke Jubelio Omnichannel dengan WMS bisa dilihat di sini.

Pebisnis yang sudah melakukan migrasi ke Jubelio Omnichannel dengan fitur gudang akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan Jubelio Omnichannel sebelum menggunakan fitur gudang. Beberapa hal yang dapat dirasakan oleh Pebisnis sebagai berikut.

  • Dengan menggunakan fitur gudang, Pebisnis dapat melakukan proses pemenuhan pesanan lebih detail hingga level rak pada gudang.
  • Barang tidak akan berantakan karena sudah tertata rapi dalam rak.
  • Membuat operasional gudang lebih efisien karena dapat menggunakan alat tambahan seperti alat pemindai (scanner), label untuk penomoran rak, dan sebagainya.

Saat Pebisnis menggunakan fitur gudang, terdapat penyesuaian yang perlu dilakukan. Penyesuaian tersebut dilakukan supaya penggunaan fitur gudang berjalan lancar. Penyesuaian yang dibutuhkan berkaitan dengan pengaturan gudang. Terdapat 2 jenis pengaturan gudang, yaitu pengaturan wajib dan tambahan.

  • Pengaturan wajib adalah pengaturan yang sifatnya mandatory, seperti pengaturan lokasi dan layout gudang, Hak Akses Pengguna, serta proses migrasi ke Jubelio dengan fitur gudang. Informasi lebih detail mengenai Pengaturan Wajib dapat dilihat di sini. Jika Pebisnis ingin melakukan migrasi menggunakan Jubelio dengan fitur gudang, Pebisnis dapat mempelajarinya di sini.
  • Pengaturan tambahan adalah pengaturan yang sifatnya optional atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan Gudang Pebisnis, seperti  Pengaturan Gudang Besar dan Gudang Kecil, Akui Stok, Alokasi Rak, Set Selesai Penempatan, Set Selesai Pengepakan, dan sebagainya. Informasi lebih detail mengenai Pengaturan Tambahan dapat dilihat di sini.

Proses pengambilan (picking) dalam pemrosesan pesanan di fitur gudang terdapat dua cara, yaitu dengan Cluster Picking dan Batch Picking.

  • Cluster Picking adalah proses pengambilan pesanan di Gudang berdasarkan nomor pesanan atau sales order.
  • Batch Picking adalah proses pengambilan pesanan di Gudang berdasarkan picklist.

Pebisnis dapat memilih proses picking yang disesuaikan dengan penggunaan Pebisnis. Bagi Pebisnis yang menerapkan proses pengambilan tersebut dapat melihat panduan dalam tahapan Cluster dan Batch Picking di Proses Pengambilan Pesanan di Gudang. Pebisnis juga dapat melihat videonya di sini.

Rak dalam penggunaan fitur Gudang atau Jubelio WMS sangat berperan penting. Sistem rak dalam fitur Gudang terbagi menjadi 3, yaitu Default Rak, Rak Kustom, dan Rak Temporer

  • Default Rak dapat digunakan oleh Pebisnis yang hanya ingin menempatan barang pada rak terpusat atau pada 1 rak saja. Sehingga jika ingin pengaturan gudang secara sederhana, Pebisnis dapat menggunakan default rak saja.
  • Rak Kustom dapat digunakan oleh Pebisnis yang ingin memaksimalkan penggunaan rak untuk penempatan barang. Di Jubelio, Pebisnis dapat melakukan pengaturan hingga 4 kedalam 4 level rak (dalam hal ini sistem memiliki pengaturan berdasarkan lantai, baris, kolom dan rak). Namun, Pebisnis bisa mengkustomisasi rak tersebut sesuai dengan kebutuhan dan penamaan rak gudang Pebisnis
  • Rak temporer atau rak sementara digunakan saat ada pesanan dengan status gagal pengambilan. Sehingga barang yang sudah diambil akan otomatis dikembalikan ke rak temporer

Penjelasan lebih lanjut mengenai Default Rak dan Rak Kustom bisa dilihat Cara Menambahkan Lokasi dan Layout Gudang.

Penjelasan lebih lanjut mengenai Rak temporer dan Rak Kustom bisa dilihat Apa Itu Rak Temporer?

Perbedaan yang bisa Pebisnis rasakan dengan Jubelio dengan fitur gudang singkat dan kompleks adalah pada proses operasional yang dilakukan. Pebisnis bisa memilih penggunaannya sesuai dengan sistem operasional bisnis di Gudang.

  • Operasional Jubelio dengan fitur gudang secara singkat akan memberikan Pebisnis pengalaman menggunakan fitur Gudang secara lebih singkat dibantu dengan berbagai macam fitur sebagai jalan pintas. Dalam proses racking yang singkat atau simple, Pebisnis bisa menggunakan Default Rak. Pebisnis tidak perlu melakukan penomoran rak karena sudah secara sistem terbuat default rak tersebut. Rak ini bisa Pebisnis gunakan sebagai rak penempatan saat proses inbound dan pengambilan saat outbound.

Proses Barang Masuk (Inbound) di Gudang dengan Racking Simple dapat dilihat di Alur Penerimaan dan Penempatan Barang Masuk.

Pemrosesan Pesanan di Gudang dengan Racking Simple dapat dilihat di Pengambilan Barang.

  • Operasional Jubelio WMS secara kompleks akan memberikan Pebisnis pengalaman menggunakan fitur Gudang secara lebih mendetail dibantu dengan panduan lengkap. Dalam proses racking yang lebih lengkap atau kompleks, selain Pebisnis bisa menggunakan Default Rak, Pebisnis juga dapat membuat, menambah, dan menyesuaikan rak kustom dengan penomoran rak sesuai kebutuhan Pebisnis di Gudang. Rak kustom ini bisa Pebisnis gunakan sebagai rak penempatan saat proses inbound dan pengambilan saat outbound.

Proses Barang Masuk (Inbound) di Gudang dengan Racking Kompleks dapat dilihat di Alur Penerimaan Barang Masuk dan Alur Penempatan Barang Masuk.

Pemrosesan Pesanan di Gudang dengan Racking Kompleks dapat dilihat di Pengambilan Barang.

Untuk memudahkan Pebisnis dalam menentukan penggunaan fitur gudang. Jubelio membagi kategori penggunaan fitur gudang berdasarkan 2 tipe pebisnis. Kategori ini hanya merupakan alat untuk membantu, namun keputusan dalam proses yang akan digunakan tetap Pebisnis yang tentukan.

  • Versi ringkas/singkat -> Cocok untuk para Pebisnis yang memprioritaskan kecepatan dalam pemrosesan pesanan, memiliki sumber daya manusia relatif lebih sedikit, serta menggunakan tipe gudang dan langkah kerja yang sederhana (1 rak tiap lokasi persediaan untuk berbagai produk)
  • Versi detail -> Cocok untuk para Pebisnis yang mengutamakan kerapihan gudang serta minimalisasi kesalahan dalam pemrosesan pesanan. Lazimnya digunakan para Pebisnis yang memiliki sumber daya manusia yang lebih banyak serta memiliki gudang dengan kapasitas besar dan prosesdur kerja yang lebih rinci.
Dengan adanya 2 kategori berdasarkan tipe Pebisnis, bisa disimpulkan bahwa fitur gudang di Jubelio dibuat untuk memenuhi seluruh kebutuhan Pebisnis. Jadi, bagi Pebisnis yang memiliki kebutuhan sederhana hingga detail dapat menggunakan Jubelio dengan nyaman.